Rabu, 13 Maret 2013

Walah, 70 Persen SDM Agen Wisata tanpa Latar Belakang Pendidikan Pariwisata

BANDUNG, (PRLM).- Potensi bisnis perjalanan wisata khususnya di Jawa Barat sangat pesat. Peningkatan pertumbuhan travel agent, industri penerbangan maupun industri dan event yang diikuti dengan peningkatan kunjungan wisatawan. Akan tetapi hal tersebut belum diikuti dengan sumber daya manusia yang profesional di bidang perjalanan pariwisata.

"Dari segi SDM profesional yang punya latar belakang pendidikan pariwisata perjalanan belum memenuhi. Hampir 70 persen orang yang bekerja di sektor perjalanan masih banyak yang sifatnya tidak dalam jalur pendidikan pariwisata tapi lintas sektor dari bidang lain," kata Ketua Jurusan Perjalanan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung Faisal Kasim di STP Bandung, Jln. Setiabudhi, baru-baru ini.

Menurut Faisal, meskipun jika berbicara skill untuk bekerja di bidang perjalanan memang tidak harus memiliki background pendidikan yang mumpuni. Akan tetapi jika hanya memiliki skill standar tanpa kekhususan maka sdm akan mentok pada pengembangan skill dan kreativitasnya.

"Ini juga yang menjadi tantangan institusi pendidikan pariwisata karena institusi pendidikan pariwisata yang nantinya akan mesupplay sdm profesional. Pada ujungnya internasionalisasi juga akan tumbuh," katanya. (A-208/A-88)***

dikdo 13 Mar, 2013


-
Source: http://www.pikiran-rakyat.com/node/226733
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar