Selasa, 19 Maret 2013

RD Umumkan 28 Pemain yang Masuk Skuad Inti Sementara Timnas PPA

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

JAKARTA, (PRLM).- Pelatih timnas senior Rahmad Darmawan akhirnya mengumumkan 28 pemain yang akan masuk dalam skuad inti sementara timnas proyeksi Pra Piala Asia (PPA) 2015 melawan Arab Saudi, Sabtu (23/3/13) mendatang. Ke-28 nama ini dipilih dari 58 pemain yang mengikuti seleksi timnas selama dua hari.

Jumlah tersebut lebih banyak dari total maksimal pemain yang awalnya akan dimasukkan dalam daftar. Penambahan empat pemain tersebut, menurut Rahmad, saat jumpa pers pengumuman pemain di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (19/3/13), pertama karena masih ada pemain yang proses administrasinya masih ditunggu. Lalu, kedua, ada beberapa pemain yang masih dilihat kondisinya.

"Pasalnya, kami masih ingin melihat potensi pemain dengan skema yang akan dimainkan nanti. Kami seleksi dengan lebih mengedepankan kebutuhan tim. Ini memang bukan waktu yang ideal memang tapi memang ini menjadi tuntutkan. Kami mencore pemain telah melihat potensi mereka," ucapnya. Penentuan 23 nama yang akan masuk dalam list pemain sendiri, baru akan dilakukan pada saat manajer meeting nanti.

Dari ke-28 nama tersebut muka-muka lama yang bermain saat Piala AFF 2011 dan SEA Games 2011 mendominasi. Termasuk enam pemain Persib yang dipanggil semua bergabung ke dalam tim, yakni Firman Utina, Supardi, Toni Sucipto, M. Ridwan, I Made Wirawan, dan Sergio van Dijk.
Untuk pemain pemain naturalisasi, selain Sergio juga ada tiga nama lainnya yang berhasil lolos, yakni Raphael Maitimo, Victor Igbonefo, dan Greg Nwokolo.

Sebenarnya ada dua naturalisasi lainnya yang menurut Rahmad, diincar bisa masuk tim yakni Stefano Lilypaly dan Diego Michels. Namun Lilypaly terganjal masalah administrasi. "Hingga saat ini kami belum dapat kepastian dia bisa bermain atau tidak. Pasalnya, karena dia hanya memiliki pasport Indonesia, maka dia harus bisa akte kelahiran orang tua, untuk melihat dari garis keturunan siapa yang memiliki darah Indonesia," ucap Rahmad.

Sementara untuk Diego, Rahmad mengatakan sebenarnya timnas membutuhkan tipikal pemain sepertinya, namun karena kondisinya belum siap untuk berlaga pertandingan level internasional, setelah absen tidak bermain bola selama tiga bulan, maka dia pun tidak terpilih. "Jujur, kami butuh Diego. Namun dia masih membutuhkan waktu untuk bisa meningkatkan kondisi fisiknya. Minimal butuh dua bulan," imbuhnya.

Kendati hanya memilih 28 pemain, namun, Rahmad tidak menampik jika 30 pemain lainnya tidak menutup kemungkinan bisa dipanggil lagi. Pasalnya dia mengakui sempitnya waktu seleksi membuatnya kesulitan melihat potensi pemain. "Proses seleksi berlangsung dengan cukup fair. Pola latihan dilakukan dengan game session," ungkapnya.

Mengenai kondisi beberapa pemain terpilih yang cedera, seperti Ferdinand Sinaga, Samsidar, dan Ian Luis Kabes, menurut dia, pihaknya akan memantau intensif hingga hari terakhir, sebelum penentuan tim.

"Sekali lagi saya tidak pernah melihat mereka darimana. Karena independensi pelatih dibatasi juga salah. Pertimbangan kami dalam memilih pemain bukan suka atau tidak suka, bukan IPL atau dari ISL, tapi murni karena ini yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan tim," katanya menambahkan.

Menghadapi laga yang tidak mudah tersebut, Rahmad mengaku sudah melihat permainan calon lawan saat bertanding melawan Cina. "Kami mengharapkan para pemain bisa bermain dengan tempo tinggi dan deteminasi tinggi dengan motivasi yang sangat baik. Jika tidak maka akan sulit bisa melawan Arab Saudi. Ini harus dipahami, untuk meningkatkan motivasi pemain," imbuhnya. (A-161/A-108)***

dasline 19 Mar, 2013


-
Source: http://www.pikiran-rakyat.com/node/227607
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar