Selasa, 19 Maret 2013

Paus Fransiskus Berikan Kesan Mendalam Sebagai Paus Rakyat

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

VATIKAN, (PRLM).-Sejak terpilih menggantikan Paus Benediktus XVI yang mengundurkan diri pada 28 Februari 2013 dengan alasan kesehatan itu, Paus Fransiskus telah memberikan sebuah kesan mendalam sebagai paus rakyat, yang peduli dengan kesejahteraan warga miskin.

Namun demikian, sebagai paus rakyat, dia juga menghadapi banyak tantangan, diantaranya masalah internal gereja, termasuk skandal pelecehan seksual selama puluhan tahun, yang sebagian di antaranya, khususnya di Keuskupan Agung AS, telah dituntaskan lewat jalur hukum.

Para pastur pelaku kekerasan seksual di AS saat ini sudah dipenjara. Namun, di sejumlah negara lainnya, sebagian pelaku masih belum tersentuh hukum.

Selain itu, Paus Fransiskus yang selain sekolah teologi, pernah belajar ilmu farmasi itu, juga didera sejumlah tudingan yang menyudutkan posisinya sebagai Paus.

Dalam hal ini, sejumlah kelompok aktivis HAM Argentina menuding dia membela kelompok junta saat negara asalnya itu dipimpin militer.

Tuduhan itu dilaporkan telah menghantuinya dalam beberapa hari terakhir ini. Otoritas Vatikan sendiri telah membantah tuduhan itu dan menyebutnya sebagai fitnah. (A-133/A-89)***

dasline 19 Mar, 2013


-
Source: http://www.pikiran-rakyat.com/node/227605
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar