Minggu, 17 Maret 2013

Rika Rafika Tampil di Negeri Paman Sam

HENDRO SUSILO/"PRLM"

HENDRO SUSILO/"PRLM"

RIKA Rafika akan mendendangkan lagu-lagu Sunda di Amerika Serikat.*

BANDUNG, (PRLM).- Lagu daerah asal Sunda bakal berdendang di Amerika pada 12-13 April mendatang. Misi penetrasi lagu-lagu pop Sunda tersebut bakal dilakukan oleh penyanyi Rika Rafika, setelah departemen musik di University of Pittsburgh mengundangnya tampil dalam konser tahunan. Rika menuturkan, undangan tampil di negeri Paman Sam berawal dari disertasi yang meneliti tentang pop Sunda.

"Bisa tampil di luar negeri dan disaksikan oleh orang asing adalah hal membanggakan buat saya, apalagi hal tersebut merupakan salah satu mimpi saya. Saya menanggung tugas yang berat karena bukan hanya mengenalkan pop Sunda, tetapi juga harus bisa mengibarkan bendera pop Sunda supaya bergema di Amerika," tutur Rika saat ditemui di New Majestic, Jln. Braga, Kota Bandung.

Penyanyi yang rajin menggelar pertunjukan amal dan kegiatan sosial ini mengungkapkan, di Amerika dia bakal menyanyikan sekitar delapan lagu. Lagu-lagu tersebut merupakan lagu hitnya yang biasa dilantunkan dalam setiap penampilannya. Di antaranya ialah lagu "Dalingding Asih", "Layung Galunggung", "Rujak Cuka", "Ronggeng Imut", dan "Bangbung Hideung". Selain itu, lagu lawas seperti "Es lilin" dan "Hariring Kuring" juga rencananya bakal dinyanyikan.

Ketika dihubungi pada Minggu (17/3), Rika mengatakan, keberangkatannya telah dipersiapkan secara matang, termasuk untuk urusan administrasi dan konsep pertunjukan. Selain kesiapan mental dan fisik, Rika juga memperkaya kemampuan berbahasa Inggris supaya bisa tampil optimal. Komunikasi pun terus dibina secara intens.

"Saya akan berangkat berdua dengan pemain kendang, namanya Suherlan. Jadi dia yang bakal menemani penampilan saya di Amerika. Di sana, saya juga bakal diiringi oleh Dangdut Cowboys, yang juga pernah mengiringi Rhoma Irama dan Ikke Nurjanah. Mereka itu grup yang isinya orang Amerika. Oleh karena itu, saya sangat antusias dengan pertunjukannya nanti. Di sana, poster-posternya juga sudah mulai disebarkan," kata Rika, dalam sambungan di telefon.

Rencananya Rika bakal bertolak ke Amerika pada akhir Maret dan kembali lagi pada pertengahan April. Selama di Amerika, penyanyi asal Banjaran ini bakal membikin video, yang rencananya bakal digunakan sebagai klip untuk lagu barunya. Di samping sibuk oleh persiapan dan jadwal tampil di berbagai daerah, selama ini Rika memang tengah menyiapkan mini albumnya yang terbaru.

"Sebelum pergi, saya memang ditarget untuk menyelesaikan proses rekaman mini album untuk beberapa persen. Mini albumnya kemungkinan bakal memuat empat lagu baru. Di Amerika, lagu baru itu memang tidak akan dibawakan, tetapi saya bakal shooting untuk kebutuhan klip lagu baru," ungkapnya.

Ditanya mengenai mini albumnya, Rika menjawab saat ini masih dalam tahap pematangan konsep. Yang jelas, sebelum berangkat ke Amerika, ibu dari seorang anak ini berencana menggelar jumpa pers untuk memberikan keterangan lebih lanjut. "Sekarang ini saya masih terus berkomunikasi dengan pihak di Amerika. Saya mohon doanya, supaya apa yang saya lakukan ini bisa sukses dan memberi manfaat bagi banyak orang. Untuk mini album, nanti saja. Soalnya, saya sebenarnya ingin fokus dan konsentrasi dulu untuk konser di Amerika tersebut," ucapnya dengan nada ramah. (A-203/A-147)***

anefcakep 17 Mar, 2013


-
Source: http://www.pikiran-rakyat.com/node/227279
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar