Jumat, 15 Maret 2013

Puluhan Sopir Menjalani Tes Urine

CECEP WIJAYA SARI/"PRLM"

CECEP WIJAYA SARI/"PRLM"

PARA sopir angkutan menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes urine di Terminal Subang, Jumat (15/3). Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk menekan angka kecelakaan akibat kesalahan manusia.*

SUBANG, (PRLM).- Puluhan sopir bus, truk, dan kendaraan boks yang melintasi Terminal Subang diberhentikan Satuan Lalu Lintas Polres Subang, Jumat (15/3/2013) untuk menjalani tes urine dan kelaikan kendaraan. Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk meminimalisasi tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan raya, terutama akibat kesalahan manusia.

Kasatlantas Polres Subang, Ajun Komisaris Ricko Taruna mengatakan, kecelakaan akibat kesalahan manusia di antaranya bisa disebabkan karena pengaruh obat-obatan. Untuk mengantisipasi itu, para sopir terutama yang membawa angkutan manusia diperiksa kesehatannya.

"Tak hanya itu, kendaraan juga diperiksa untuk memastikan kelaikannya. Hal ini juga untuk mengantisipasi agar kecelakaan seperti yang terjadi di Cianjur beberapa waktu lalu tidak terulang," katanya di sela tes urine sopir di Terminal Subang.

Ke depan, Ricko mengungkapkan bahwa tes urine juga akan dilakukan bagi para sopir angkutan umum. Titik pemeriksaan juga nantinya akan merambah hingga ke daerah pantura.

Pemeriksaan urine bagi para sopir tersebut dilakukan atas kerja sama berbagai instansi, seperti Polres Subang, Dinas Kesehatan, dan Dinas Perhubungan. Dengan pemeriksaan tersebut, dapat diketahui kandungan obat-obatan, avetamin, dan ganja.

Kasat Narkoba Polres Subang, Ajun Komisaris Iwan Setiawan menambahkan, para sopir yang positif menggunakan obat-obatan terlarang nantinya akan ditindak dan dilakukan pembinaan. "Pemeriksaan ini intinya bukan untuk mencari kesalahan manusia, tetapi untuk mencegah kecelakaan lalu lintas akibat kesalahan manusia," ujarnya.

Selain itu, Iwan juga meminta agar para pengusaha angkutan memperhatikan kondisi kesehatan para sopirnya dan jangan sampai merekrut sopir yang mengonsumsi narkoba. Sebab, hal itu bisa berdampak pada kecelakaan lalu lintas saat mengemudi.

Salah seorang sopir kendaraan boks, Budi Suyanto (37) mengaku baru pertama kali menjalani tes urine. Menurut dia, hal itu cukup membantu untuk memeriksa kondisi tubuhnya. "Tapi, sejauh ini saya tidak ada masalah kalau mengemudi. Soalnya, sebelum berangkat suka makan dulu dan istirahat yang cukup," kata sopir yang biasa mengangkut telur dengan rute Subang-Bandung ini. (A-192/A-147)***

anefcakep 15 Mar, 2013


-
Source: http://www.pikiran-rakyat.com/node/227042
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar