Selasa, 12 Maret 2013

Prosesi Konklaf Akan Berlangsung Lebih Lama

VATIKAN, (PRLM).-Prosesi konklaf (pemilihan paus baru) kali ini akan berlangsung lebih lama ketimbang sebelumnya. Menurut Kardinal Afrika Selatan, Wilfrid Fox Napier, konklaf akan berlangsung selama beberapa hari.

"Mungkin empat atau lima hari," ujar Napier menjelaskan saat ditanya wartawan soal durasi konklaf kali ini.

"Kita sekarang siap menjalani konklaf yang durasinya akan lebih lama ketimbang tahun 2005," kata Napier mengacu pada pemilihan Benediktus yang saat itu berlangsung selama 24 jam dengan empat kali pemungutan suara.

Namun, dapat dipastikan, konklaf kali ini tidak akan berlangsung lebih dari lima hari. Seperti dilaporkan Yahoo News, Selasa (12/3), selama 2.000 tahun sejarah Gereja Katolik, konklaf berlangsung rata-rata selama tiga hari.

Sebelum konklaf, para kardinal sempat mengadakan misa di Basilika Katedral Santo Petrus, Vatikan, untuk berdoa memohon panduan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Prosesi konklaf itu sendiri berlangsung sangat rahasia. Sampai hari ini pun, tak ada yang tahu siapa calon kuat pengganti Paus Benediktus XVI yang mundur pada akhir bulan lalu dengan alasan kesehatan itu. (A-133/A-89)***

dasline 12 Mar, 2013


-
Source: http://www.pikiran-rakyat.com/node/226628
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar