Kamis, 14 Maret 2013

Pramono Pimpin Delegasi Parlemen Indonesia ke IPU Ekuador

JAKARTA, (PRLM).- Wakil Ketua DPR Pramono Anung akan membawa rombongan delegasi Parlemen Indonesia ke Ekuador untuk mengikuti Sidang Parlemen sedunia. "Kunjungan ini dalam rangka berpartisipasi dalam Inter Parliamentary Union (IPU), Sidang parlemen Dunia, di Ekuador," ujar Pramono seusai pertemuan dengan Dubes Ekuador, di Gedung Nusantara III, Kamis (14/3/13).

Delegasi Parlemen Indonesia sebanyak 11 orang, direncanakan menghadiri pertemuan IPU dengan salah satu isunya terkait drugs dan trafficking, selain isu lain di bidang politik dalam negeri, maupun perdagangan. "Rombongan ini juga disertai oleh Nurhayati Assegaf yang juga menjabat sebagai ketua parlemen perempuan sedunia," kata Pramono.

Pada sidang IPU ke-128 di Quito, Ekuador, terdapat berbagai macam agenda utama di antaranya komite pertama mengenai perdamaian dan keamanan internasional, komite kedua tentang pembangunan berkelanjutan, keuangan dan perdagangan, terakhir Komite ketiga membahas demokrasi dan HAM.

Dalam sidang IPU Ekuador direncanakan seluruh delegasi parlemen juga akan mengikuti debat umum (general debate) di antaranya membahas isu sensitif dan aktual seperti isu legalisasi obat terlarang, hak anak cacat, HAM, maupun kesehatan perempuan dan anak.

Debat yang berlangsung nantinya terkait persoalan politik, ekonomi, dan situasi sosial di dunia bertema "from unrelenting growth to purposeful development buen vivir : new approaches, new solutions".

Kurang lebih 1150 delegasi dari seluruh dunia diperkirakan hadir dalam sidang umum IPU ke 128 di Ekuador pada 22-28 maret mendatang, termasuk juga sekitar 620 anggota parlemen di seluruh dunia hadir akan mengikuti acara sidang tersebut. (A-109/A_88)***

dikdo 14 Mar, 2013


-
Source: http://www.pikiran-rakyat.com/node/226932
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar