Kamis, 14 Maret 2013

Paus Francis Kehilangan Paru-paru Saat Remaja

WASHINGTON, (PRLM) - Kardinal Jorge Mario Bergoglio, 76 tahun asal Argentina, terpilih sebagai Paus Amerika Latin pertama, kehilangan paru-paru ketika dia masih remaja. Menurut laporan media, Paus Francis salah satu paru-parunya diangkat karena infeksi.

Dr William Schaffner, ketua pengobatan pencegahan di Vanderbilt University Medical Center di Nashville, Tenn, mengatakan bahwa ada beberapa alasan yang memungkinkan mengapa paru-paru paus baru diangkat sekitar enam dekade lalu.

Dia mengatakan bahwa Paus Francis bisa memiliki tuberkulosis, atau dia bisa memiliki komplikasi batuk rejan, atau pertusis.

Menurut Dr Schaffner, Paus juga bisa memiliki pneumonia dan komplikasi yang berkembang, atau dia bisa saja lahir dengan cacat bawaan paru yang terinfeksi.

Meskipun infeksi akan menjadi lebih umum pada orang setengah baya dibandingkan remaja, Schaffner mengatakan alasan-alasan yang dia kemukakan adalah kemungkinan yang paling mungkin atas informasi yang terbatas mengenai penghapusan paru-paru itu, kata laporan itu.

Menurut laporan itu, ketika ditanya apakah seseorang dapat bertahan hidup dengan satu paru-paru, Schaffner mengatakan, 'orang-orang dengan mudah dapat hidup' dengan paru-paru yang berlebihan.(dini-job/newstrackindia/A-147)***

anefcakep 14 Mar, 2013


-
Source: http://www.pikiran-rakyat.com/node/226876
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar