Rabu, 13 Maret 2013

Keamanan Pengguna Hotspot Sangat Berisiko

YOGYAKARTA, (PRLM).- Pengguna jasa hotspot berbayar maupun tak berbayar sangat berisiko terhadap keamanan data pribadinya. Survei di Yogyakarta memperlihatkan 13 titik sampel, dua di antaranya hotspot berbayar, bisa ditembus dengan dibajak (hack).

Survei dilakukan oleh tim dosen Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia (UII) pada pertengah Februaru hingga awal Maret 2013.

"Dari 13 titik sampel penyedia hotspot, semua pengguna jasa hotspot bisa diintip data-data pribadinya saat mereka berselancar di dunia maya," kata Hamid, ST, Eng dan Fityatayudha, Rabu (13/3).

Menurut dia, hacker yang bisa menembus hotspot publik tersebut perorangan yang iseng maupun profesional. Hacker iseng masuk kategori pemula untuk menunjukkan eksistensi dan membuktikan ilmu yang diperolehnya, sementara hacker profesional bisa dari orang bayaran instansi tertentu dalam rangka menguji sofware maupun keamanan jaringan instansi tertentu.

"Dari survei 13 titik pelayanan hotspor di kota Yogyakarta, Sleman, Bantul, semua bisa ditembus oleh hacker manapun (hacker iseng maupun profesional, red)," ujar Hamid.

Yang sangat mengejutkan, hacker bisa menembus data pengguna jasa hotspot hanya dengan modal gadget, tanpa notebook dan jaringan kompter canggih.

Menurut dia penyedia jasa hotspot tidak pernah berpikir keamanan jasa internetnya, apalagi hotspotnya digratiskan. Bahkan, hotspot berbayar juga berpikiran sama.

Rekomendasi dari survei ini, pengguna jasa hotspot harus mengantisipasi dengan menggunakan antivirus dan pengaman jaringan serta menggunakan modem milik pribadi. Dari segi kebijakan, pemerintah perlu membuat rambu-rambu penyelenggaraan hotspot aman karena payung hukumnya belum ada.

"Penyedia jasa hotspot perlu peduli dengan keamanan pelayanan hospotnya dengan memasang pengaman anti penjebolan data pengguna jasanya," ujar Hamid. (A-84/A-147)***

anefcakep 13 Mar, 2013


-
Source: http://www.pikiran-rakyat.com/node/226717
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar