Kamis, 14 Maret 2013

Jepang dan Taiwan Setuju Percepat Perundingan

TAIPEI, (PRLM).- Jepang dan Taiwan mengadakan pertemuan selama satu hari di Tokyo untuk mempersiapkan kelanjutan pembicaraan tentang penangkapan ikan di perairan yang diperebutkan di Laut Timur China, setuju mempercepat proses untuk mencapai kesepakatan awal, menurut kuasa-diplomatik Tokyo di Taipei.

Interchange Association Jepang, yang menangani negosiasi dengan Taiwan dalam ketiadaan hubungan diplomatik formal, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka saling bertukar pendapat secara "konstruktif dan terbuka" dengan mitra Taiwan, Asosiasi Hubungan Asia Timur.

Mereka sepakat untuk mempercepat proses negosiasi dan bertemu lagi segera. Pertemuan mereka - putaran kedua untuk pembicaraan persiapan, setelah pertemuan yang pertama yang terakhir pada 30 November - juga dihadiri oleh para pejabat dari pemerintah kedua negara, otoritas perikanan dan penjaga pantai, dalam kapasitas pengamat.

Pembicaraan persiapan yang ditujukan untuk menetapkan agenda, waktu dan tempat untuk pertemuan formal, Menteri Luar Negeri Taiwan David Lin mengatakan pertemuan ini bisa diselenggarakan pada awal musim semi.

Sejak Taiwan dan Jepang memulai pembicaraan perikanan pada tahun 1996, 16 putaran telah diselenggarakan, tetapi tidak ada lagi sejak Februari 2009 karena perselisihan antara Taipei dan Tokyo atas kedaulatan Jepang dikelola Kepulauan Senkaku. (dini-job/japantimes/A-147)***

anefcakep 14 Mar, 2013


-
Source: http://www.pikiran-rakyat.com/node/226869
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar