Rabu, 13 Maret 2013

Hatta Rajasa, Dahlan Iskan, dan Ical, Pendatang Baru Pilpres 2014

JAKARTA, (PRLM).- Usai digeser Menteri BUMN Dahlan Iskan pada Jajak Pembaca bulan Februari 2013, Ketua Umum PAN Hatta Rajasa kembali memuncaki pilihan pembaca terkait calon presiden di bulan Maret 2013.

"Dari 1.600 kupon pembaca yang masuk bulan Maret ini, Hatta berhasil meraih 32 persen," kata Koordinator Jajak Pembaca Nonstop Ichwanudin Siregar kepada wartawan di Jakarta, Rabu (13/3/13).

Hatta yang bulan lalu berada di posisi kedua kembali menggeser Dahlan Iskan yang kini menduduki peringkat kedua dengan poin 29 persen.

"Peringkat ketiga ditempati Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie 15 persen, disusul Mahfud MD 11 persen, Ketua Umum PDIP Megawati 4 persen, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto 3 persen dan capres lainnya sebesar 6 persen," ungkap Ichwanudin.

Secara terpisah, Direktur Citra Komunikasi Lingkar Survei Indonesia (LSI) Toto Izul Fatah mengatakan, munculnya tiga nama pendatang baru dalam jejak pembaca Nonstop, Hatta Rajasa, Dahlan Iskan dan Aburizal Bakrie membuktikan bahwa masyarakat menginginkan sosok baru di bursa capres mendatang.

"Munculnya nama-nama baru seperti Hatta, Dahlan, Ical dan Mahfud MD merupakan salah satu bentuk dari keinginan masyarakat terhadap munculnya figur-figur baru, bukan itu lagi itu lagi, seperti Megawati, Prabowo dan Wiranto yang sebetulnya hasil suara mereka hanya segitu," kata Toto.

Toto menguraikan problem utama dari figur baru ini adalah tingkat keterkenalannya di masyarakat bawah.

"Apa yang dijaring oleh Nonstop mungkin salah satu gambaran dari keinginan publik, tapi publik kelas menengah yang terakses pembaca koran," ungkapnya.

Toto menambahkan, munculnya sosok Hatta Rajasa tidak terlepas dari keinginan masyarakat yang menaruh harapan pada pemimpin berpengalaman di bidang ekonomi.

Sementara, Sekjen DPP PAN Taufik Kurniawan menyambut baik hasil Jajak Pembaca Nonstop. "Kita sangat menghargai aspirasi masyarakat, artinya publik semakin menilai kerja keras Hatta Rajasa, baik sebagai Ketua Umum PAN dan Menko Perekonomian," kata Taufik.

Wakil Ketua DPR ini menegaskan, PAN terus bekerja keras untuk mewujudkan apa yang diamanatkan Rakernas PAN dalam mengusung Hatta di Pilpres 2014.

"Keputusan resmi partai sudah diambil, tinggal bagaimana kader dan simpatisan bekerja keras untuk meraih target double digit suara di Pileg, sehingga langkah PAN mengusung Hatta juga bisa berjalan mulus," tandasnya. (A-109/A_88)***

dikdo 13 Mar, 2013


-
Source: http://www.pikiran-rakyat.com/node/226748
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar