Selasa, 12 Maret 2013

Peningkatan Kondisi Fisik Timnas PPA Jadi Pekerjaan Rumah Tim Pelatih

JAKARTA, (PRLM).- Peningkatan kondisi fisik timnas proyeksi Pra Piala Asia (PPA) 2015 menjadi pekerjaan rumah bagi tim pelatih.

Pasalnya, dengan sisa waktu kurang dari 10 hari, jelang laga melawan Arab Saudi pada 23 Maret mendatang, tim pelatih timnas harus bisa meningkatkan performa para pemain jika ingin mendapatkan poin perdana.

Pelatih kepala timnas Indonesia Luis Manuel Blanco menuturkan kepada wartawan usai sesi latihan pagi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (12/3), secara skill, berdasarkan pemantauannya, ada beberapa pemain yang memiliki kemampuan yang bagus.

Tapi secara fisik, Blanco menilai bahwa para pemain belum siap untuk turun di pertandingan level internasional dalam waktu dekat.

Guna mensiasati waktu yang minim ini, untuk mengenjot performa pemainnya. Maka Blanco mengaku telah mempersiapkan latihan khusus untuk beberapa pemain yang sudah masuk dalam gambaran skuad inti timnas yang akan dimainkan nanti.

"Akan ada beberapa materi latihan fisik tambahan, seperti latihan beban dan latihan yang berhubungan pada eksplosifitas otot. Ini gunanya menambah stamina dan massa otot pemain. Kita latihan keras untuk dapat menghasilkan latihan yang maksimal," ucapnya.

Saat ini, ujarnya, ada 10 pemain yang kini sudah berkumpul untuk mengikuti pemusatan yang diberikan latihan tambahan tersebut, yakni Raphael Maitimo, Tony Cussel, Stefano Lilipaly, Diego Michiels, Mario Aibekop, Anggi, Husin J. Rahaningmas, Musafri, Taufiq, dan Nopendi.

Khusus untuk Maitimo, Selasa (12/3), kembali diberikan sesi latihan terpisah, setelah pada latihan sebelumnya mengalami cedera otot paha karena tertarik.

"Dia (Maitimo -Red.) diberikan latihan dengan intensitas berbeda hingga kontraksi otot pahanya berkurang. Cedera seperti ini normal, bagi pemain yang lama tidak bermain dalam permainan intensitas tinggi," katanya.

Ditambahkan Blanco, kemungkinan besar para pemain yang dipanggil baru akan bergabung setelah 14 Maret mendatang.

Dia, yang sudah melakukan beberapa kali pemantauan langsung untuk melihat permainan pemain yang dipanggilnya, mengaku sudah mulai mendapatkan gambaran skuad inti timnas. "Nantinya akan ada 23 pemain yang akan saya ambil untuk tim inti," ujarnya.

Sementara itu, demi mendapatkan hasil maksimal dalam laga lanjutan PPA melawan Indonesia di Jakarta nanti, timnas Arab Saudi mulai Sabtu (16/3) nanti akan memulai pemusatan latihan di Malaysia untuk aklimatisasi.

Berdasarkan situs resmi Federasi Sepakbola Arab Saudi (SAFF), Arab Saudi akan membawa 25 pemain untuk menjalani pemusatan latihan.

Pemilihan Malaysia sendiri dikarenakan negeri Jiran tersebut memiliki kultur dan tipikal permainan yang senada dengan Indonesia.

Pemusatan latihan di Malaysia sendiri, rencananya akan berjalan dalam empat hari dan pada 20 Maret, timnas Arab Saudi akan bertolak menuju Jakarta.

Timnas Arab Saudi ini akan diperkuat para pemain liga Arab dan beberapa pemain muda seperti Hamdan Al-Hamdan.

Laga melawan Arab saudi ini, bagi Indonesia akan menjadi laga kedua di gelaran babak penyisihan Grup C PPA.

Sebelumnya di laga perdana melawan Irak beberapa waktu lalu, timnas gagal memetik poin setelah ditundukkan dengan skor tipis 0-1. (A-161/A-89)***

dikdo 12 Mar, 2013


-
Source: http://www.pikiran-rakyat.com/node/226610
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar