Jumat, 15 Maret 2013

Pemilihan Ketum PD Lewat Musyawarah Mufakat

JAKARTA, (PRLM).- Pemilihan ketua umum Partai Demokrat di KLB (kongres luar biasa) Bali mendatang dilakukan secara musyawarah mufakat, bukan melalui voting atau pemungutan suara. ''Demokrasi itu kan bermacam-macam. Voting merupakan salah salah satunya, musyawarah juga bisa dan aklamasi juga demokrasi. Kecenderungannya karena waktunya singkat, lebih baik musyawarah mufakat,'' ujar anggota Sekretaris Majelis Tinggi Demokrat, Jero Wacik di Jakarta, Jum'at (15/3/13).

Jero yakin, DPD dan DPC Demokrat yang menjadi peserta KLB sepakat dengan titah majelis tinggi, karena mereka diundang langsung oleh Ketua Majelis Tinggi, SBY ke Cikeas beberapa waktu lalu. ''DPD bilang tidak akan berbeda, mereka sanggup mengkondisikan DPC-DPC di bawahnya akan loyal kepada majelis tinggi,'' tegas Wacik.

Menurutnya, sekarang ini Majelis Tinggi sedang memikirkan jalan terbaik untuk masa depan Demokrat. Ia yakin, SBY juga sudah memikirkan siapa yang akan dimunculkan sebagai calon ketua umum pada KLB mendatang. ''Percayalah, semua DPD, DPC, akan tunduk pada majelis tinggi. Kita akan dukung apa yang diarahkan majelis tinggi sesuai dengan program penyelamatan partai. Kalau itu yang terjadi, KLB-nya akan tenang dan berjalan mulus,'' kata Jero.

Ditanya, apakah dirinya akan maju sebagai calon ketua umum, Jero langsung menukas, ''Saya sebagai Menteri ESDM saja sudah cukup berat. Tapi saya pekerja keras dan loyal 100 persen. Kementerian ESDM itu sangat strategis dan saya harus konsentrasi penuh.''

Anggota Dewan Pembina Demokrat lainnya, EE Mangindaan juga mengatakan, pemilihan ketua umum akan dilakukan secara musyawarah mufakat, karena mayoritas peserta dari daerah mengharapkan KLB berlangsung tenang, tidak gontok-gontokan. ''Jadi, DPD yang dikumpulkan di Cikeas berharap pemilihannya berlangsung musyawarah mufakat,'' ujarnya.

Ia berharap, ketua umum terpilih mampu mengemban tugas dengan baik, terutama lakukan konsolidasi partai menuju pemilu mendatang. ''Ketua umumnya harus yang siap, full time dalam menata dan lakukan konsolidasi partai. Harus mengurus partai sepenuhnya,'' katanya. (A-109/A-108)***

dikdo 15 Mar, 2013


-
Source: http://www.pikiran-rakyat.com/node/227093
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar