Kamis, 14 Maret 2013

Uji Coba Car Free Night Dilakukan di Jalan Braga

BANDUNG, (PRLM).- Polrestabes Bandung dalam waktu dekat ini akan segera melakukan uji coba Car Free Night (CFN) di Kawasan Jalan Braga Andesit. Dengan uji coba tersebut diharapkan bisa diketahui sejauhmana potensi kemacetan yang akan terjadi akibat diberlakukannya CFN tersebut.

Kasat Lantas Polrestabes Bandung Ajun Komisaris Besar Yully Kurniawan menyatakan, untuk konsep rekayasa jalan dan lainnya, Satlantas Polrestabes sudah siap. Namun, tetap diperlukan ujicoba untuk mematangkan konsep tersebut sebelum kawasan CFN benar-benar dilaksanakan. "Kita 'kan hanya menindaklanjuti apa yang disampaikan oleh Pak Wali Kota. Prinsipnya kita mendukung diberlakukannya CFN di Braga. Makanya kita atur dan dipersiapkan," tutur Yully kepada wartawan, Kamis (14/3/2013).

Yully menambahkan, pihaknya akan segera melakukan ujicoba CFN agar dalam pelaksanaan secara permanen, bisa lancar dan tidak sampai menimbulkan dampak yang akan mengganggu masyarakat. "Kita akan segera ujicobakan. Kalau tidak Sabtu (16/3) malam sekarang, ya mungkin Sabtu depannya. Tapi yang jelas bulan ini harus diujicobakan dulu," ujarnya.

Lewat ujicoba itu, tambah Yully, pihaknya akan mengetahui sejauhmana respon dari masyarakat dan juga akan diketahui dampak yang akan timbul. Rekayasa jalan sendiri, katanya, sudah dibuat konsepnya dan diharapkan akan sejalan dengan situasi kondisi di lapangan. Dalam ujicoba itu, Yully menyatakan pihaknya akan menerjunkan sejumlah personel guna mengatur arus lalulintas. "Braga itu 'kan satu-satunya akses di kota dari selatan ke utara. Makanya kita akan lihat dulu bagaimana baiknya rekayasa, meski secara konsep kita sudah buatkan," kata Yully.

Dalam uji coba nanti rencananya akan dilakukan penutupan jalan Braga selepas pukul 19.00 WIB-24.00 WIB. Namun Satlantas sendiri memiliki konsep lainnya, dimana CFN akan dilanjutkan pagi harinya dengan CFD. "Rencananya seperti itu, digabungkan. Malamnya CFN, pagi harinya CFD. Kita akan lihat dulu bagaimana respon masyarakat meskipun sekarang pun mereka meminta agar Braga dijadikan CFN atau CFD," tuturnya.

Jika ujicoba berjalan lancar, maka kemungkinan besar di malam Minggu pertama awal bulan CFN secara permanen sudah bisa digelar. Yully menyatakan, untuk dapat menetapkan kawasan CFN itu, pihaknya tetap akan berkordinasi dengan Pemkot Bandung. "Ini 'kan kerja bareng, Pemkot dan polisi. Jadi nanti kita kordinasikan dulu. Tapi kalau ujicoba lancar, awal bulan April sepertinya CFN dan CFD Braga sudah bisa dimulai," katanya.

Sementara itu, terkait dengan sistem 4 in 1 yang diberlakukan di Jln Dr Djunjunan pada setiap hari Sabtu, Yully menuturkan saat ini pihaknya sudah menerima draft Keputusan Wali Kota (Kepwal) dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung. Yully berharap Kepwal itu akan segera disahkan sehingga pihaknya akan memiliki payung hukum dalam penindakan di lapangan. (A-113/A-147)***

dikdo 14 Mar, 2013


-
Source: http://www.pikiran-rakyat.com/node/226889
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar