Selasa, 12 Maret 2013

Pertamina Bakal Garap Ladang Minyak Qurna Irak

EVIYANTI/"PRLM"

EVIYANTI/"PRLM"

SUMUR minyak jatibarang 91 di Kecamatan Jatibarang Cirebon.*

CIREBON, (PRLM).- PT Pertamina Persero akan menggarap ladang minyak di Blok West Qurna I Irak dengan produksi sekitar 230 ribu barel per hari atau dua kali dari total produksi minyak dalam negeri.

"Pada 14 Maret (2013) delegasi pemerintah bersama dengan Pertamina bakal ke Irak untuk mematangkan kerja sama tersebut sekaligus penandatanganan MOU kerja sama," kata staf ahli Pertamina, Bayu Kristanto, saat seminar Pengelolaan Kegiatan Minyak dan Gas Bumi di Indonesia di Cirebon, Selasa (12/3/13).

Total produksi Blok West Qurna I tersebut mencapai 2.35 juta barel per hari, sementara PT Pertamina diberi tawaran untuk menggarap sekitar 20 persennya. Namun karena investasinya sangat besar. "Kemampuan Pertamina hanya 10 persen dengan total produksi 230 ribu barel per hari atau dua kali dari produksi dalam negeri 150 ribu barel per hari," jelasnya.

Selain itu Pertamina juga akan melakukan pembelian minyak mentah dari Irak. Pertamina pun akan mengajak BUMN karya untuk membantu pembangunan infrastruktur di negara yang hancur karena perang.

Sebab saat ini Irak juga membutuhkan pembangunan infrastruktur seperti RS, listrik, jalan raya, air bersih. BUMN yang akan diajak bekerja sama Adhi Karya, Hutama Karya, Wijaya Karya, dan BUMN lainnya. (A-99/A-88)***

dikdo 12 Mar, 2013


-
Source: http://www.pikiran-rakyat.com/node/226618
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar