Minggu, 17 Maret 2013

Pameran Foto Lingkungan Bawah Laut Pecahkan Rekor Muri

RETNO HY/"PRLM"

RETNO HY/"PRLM"

PAMERAN foto lingkungan hidup dibawah air Reef Check Karimun Jawa 2013 di Dermaga Perintis Karimun Jawa, Jepara Jawa Tengah, Minggu (17/3).*

JEPARA, (PRLM).- Pameran foto lingkungan hidup di bawah air Reef Check Karimun Jawa 2013 di Dermaga Perintis Karimun Jawa, Jepara Jawa Tengah, pecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Pameran yang menampilkan 40 lebih karya foto lingkungan diselenggarakan Marine Diving Club Fakultas Kelautan Universitas Diponegoro dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah sejak Minggu (17/3/13) akan berlangsung hingga 24 Maret mendatang.

"Inti dari kegiatan ini semata-mata bukan untuk memecahkan rekor MURI. Tapi kami bermaksud untuk menunjukan bahwa betapa pentingnya lingkungan laut, terutama keselamatan terumbu karang yang terus mengalami kerusakan," ujar ketua penyelenggara Reef Chek Karimun Jawa 2013, dalam keterangannya kepada PRLM.

Diungkapkan Teo, kerusakan lingkungan bawah laut atau terumbu karang di sejumlah perairan laut Indonesia yang menjadi objek wisata bahari terus mengalami kerusakan. Kerusakan bukan hanya akibat eksplorasi bawah laut, tetapi juga akibat kegiatan wisata bawah laut yang kini sedang menjadi trend.

Kerusakan yang terjadi menurut Teo, akibat kegiatan wisata yang tidak mengetahui pentingnya menjaga lingkungan. "Selama ini wisatawan tahunya hanya berwisata menyelam dan menikmati pemandangan bawah laut, demikian juga pemandu tidak memberikan batasan hingga akhirnya lama kelamaan mengakibatkan kerusakan," ujar Teo.

Dipilihnya Karimun Jawa sebagai lokasi memamerkan 40 lebih karya foto dari sejumlah fotografer peduli lingkungan, dikarenakan Karimun Jawa merupakan salah satu objek wisata bawah laut tujuan utama. Pemberian sertifikat MURI kepada Marine Diving Club Fakultas Kelautan Universitas Diponegoro oleh perwakilan MURI dengan katagori penggagas pertama kegiatan pameran foto bawah laut. (A-87/A-108)***

dasline 17 Mar, 2013


-
Source: http://www.pikiran-rakyat.com/node/227311
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar